GUNADARMA UNIVERSITY

Sabtu, 15 Oktober 2011

Pengantar Basis Data

 
Pengertian Basis Data
Pengertian basis data biasanya diartikan sebagai suatu kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer,secara sistematik,sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut,atau bisa juga diartikan sebagai suatu kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
   Perangkat lunak yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data hight level adalah microsoft sql server,oracle, visual fox pro,paradox,mysql daln lain-lain.Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan atau potongan dari pengetahuan.

Menurut pengaksesannya, basis data dibedakan menjadi empat jenis, yaitu :
1. Basis data individual
Basis data individual adalah basis data yang digunakan oleh perseorangan. Biasanya basis data seperti ini banyak dijumpai dilingkungan PC. Visual dBASE, Corel Paradox, dan Filemaker Pro merupakan contoh perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengelola basis data untuk kepentingan pribadi.
2. Basis data perusahaan
Basis data perusahaan adalah basis data yang dimaksudkan untuk diakses oleh sejumlah pegawai dalam sebuah perusahaan dalam sebuah lokasi. Basis data seperti ini disimpan dalam sebuah server dan para pemakai dapat mengakses dari masing-masing komputer yang berkedudukan sebagai client.
3. Basis data terdistribusi
Basis data terdistribusi adalah basis data yang disimpan pada sejumlah komputer yang terletak pada beberapa lokasi. Model seperti ini banyak digunakan bank yang memiliki sejumlah cabang di pelbagai kota dan melayani transaksi perbankan yang bersifat online.
4. Basis data publik
Basis data publik adalah basis data yang dapat diakses oleh siapa saja (publik). Sebagai contoh, banyak situs web (misalnya yahoo dan about.com) yang menyediakan data yang bersifat publik dan dapat diambil siapa saja secara gratis. Namun adakalanya seseorang harus menjadi anggota dan membayar iuran untuk memperoleh data publik
Kelebihan Basis Data
- Membuat data yang kompleks mudah dimengerti
Database memiliki diagram visual yang merupakan rangkuman dari semua data. Diagram ini adalah diagram CDM dan PDM yang memudahkan melihat sistem secara keseluruhan.

- Mempercepat pengolahan data
Karena mudah dimengerti dan sistematis, maka pengolahan data akan lebih cepat.

- Menghemat penyimpanan
Basis data menghemat penyimpanan (memory) karena jumlah data di dalam database telah ditekan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Data-data yang dihilangkan biasanya adalah data redundant (data yang tidak diperlukan) karena data terduplikasi.

- Keamanan
Karena diolah dalam sistem DBMS, maka terdapat fitur keamanan untuk mengakses database. User yang berbeda akan memiliki hak akses yang berbeda. Misalnya guru biasa dalam database siswa tidak bisa menghapus data siswa, namun administrator/petugas tata usaha bisa.

Kesimpulan
Dari penjelasan singkat di atas, terlihat bahwa peran basis data adalah sangat penting di jaman teknologi informasi ini. Hampir tidak ada sistem yang tidak menerapkan basis data. Bahkan game komputer sekalipun memiliki basis data, misalnya untuk menyimpan skor dan sebagainya.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar