GUNADARMA UNIVERSITY

Senin, 05 Desember 2011

PENGOBATAN GIGITAN ULAR

PENGOBATAN GIGITAN ULAR
Gigitan ular mungkin akan beracun dan berbahaya,bahkan bias mematikan jika tiak diambil tindakan dengan segera.

PERTOLONAN PERTAMA
1.        
  • Tenangkanlah penderita(jangan biarkan bergerak) untuk memperlambatbperedaran darah
  •   Iris bagian yang terkena gigitan dan biarkan darah keluar,agar racun dapat keluarbersama
  •   Bungkus sesendok the garam dalam sehelai sapu tangan atau kain,dan basahkan garam dengan air.kompreskan pada luka sebagai demah setelah darah dikeluarkan.
PENGOBATAN DENGAN TANAMAN OBAT
  • 1.       Daun batang oleander(Nerium indicum mill)      Tumbuk 10 lembar daun dan batang kemudian tempelkan pada luka  setelah berdarah
  • 2.       Kembang kamantigul (impatiens balsamina L)       Hancurkan 10 putik bunga dan tempelkan pada luka setelah berdarah.

CONTOH BEBERAPA JENIS ULAR BERBISA
Ada tiga tipe taring bisa menurut letaknya di rahang atas, yakni:

·         Opistoglypha, terletak pada bagian belakang rahang atas, pendek dan permanen. Terdapat pada beberapa jenis ular anggota famila Colubridae, contohnya: ular cincin emas, buhu, ular bajing, dan lain sebagainya.
·         Proteroglypha, terletak pada bagian depan rahang atas. Permanen dan relatif pendek. Sebagian besar anggota famili Elapidae (kobra, ular anang, ular laut, ular cabe, dan sebagainya) memiliki taring bisa tipe ini.
·         Solenoglypha, terletak pada bagian depan rahang atas, panjang dan melengkung serta dapat dilipat ke atas. Tipe taring bisa pada semua anggota famili Viperida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar